Halaman

Cara Alami Mengatasi Jerawat


Secara umum,prinsip perawatan kulit wajah sebagai berikut:
1.      Kulit wajah harus selalu bersih.
2.      Hindari pemakaian kosmetika rias saat tidur
3.      Kebutuhan pembersih berbeda tergantung jenis kulitnya.
4.      Jangan sering menyentuh apalagi memecahkan jerawat.
5.      Berfikir positif.
6.      Rajin berolahraga.
7.      Banyak mengkonsumsi buah dan sayur.
8.      Banyak minum air putih.


Bebas Jerawat Dengan Madu

Madu dapat digunakan sebagai masker wajah untuk menghilangkan jerawat, bekas jerawat, mengurangi kemerahan dan iritasi akibat jerawat, serta membuat kulit wajah bercahaya. Madu mengandung sifat penyembuh alami yang terdiri dari enzim, antioksidan, dan anti bakteri yang dapat membantu membersihkan kulit.


Selain itu, madu merupakan pelembab alami yang sangat bagus. Madu juga dapat mengurangi kelebihan minyak pada kulit. Masker wajah yang terbuat dari madu sangat bagus untuk orang yang memiliki kulit sensitif.
Berikut adalah tips menggunakan madu sebagai masker wajah untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya :
1. Hapus semua make-up dan cuci wajah dengan sabun lembut serta air hangat sebelum menggunakan masker madu.
2. Tuangkan satu sendok makan madu murni yang masih mentah ke dalam mangkuk kecil. Jika mau, Anda bisa menghangatkan madu selama 10 detik dalam microwave sebelum menggunakannya.
3. Oleskan madu menggunakan aplikator atau jari yang sebelumnya sudah dibersihkan. Oleskan madu dengan lapisan tebal ke seluruh area wajah. Biarkan madu menempel pada wajah selama 15 menit sampai satu jam.
4. Untuk menghilangkan madu, usapkan handuk kecil yang telah dibasahi dengan air hangat ke wajah. Ulangi proses ini sampai semua madu benar-benar bersih dari wajah.
Anda dapat menggunakan masker madu ini 2-3 kali dalam seminggu atau sesuai dengan keinginan.


Menghilangkan Jerawat Dengan Daun Pepaya

1.   Ambil 2-3 helai daun pepaya yang sudah tua dan jemur.
2. Lumatkan daun pepaya tersebut dan diberi air kemudian diperas untuk diambil sarinya.
3.   Oleskan sari daun pepaya tersebut pada jerawat.

Cara menghilangkan Komedo

1.      Hindari penggunaan kosmetik berbentuk krim dan minyak yang dapat meningkatkan peluang terjadinya komedo.
2.      Berikan wajah Anda uap setidaknya seminggu sekali. Tempatkan wajah Anda di atas mangguk berisi air mendidih agar uap air menyentuh kulit wajah. Untuk mendapatkan uap secara maksimal, tutup kepala Anda dengan handuk. Lalu, gunakan campuran madu dan gula untuk melakukan scrubbing. Cara ini akan menghilangkan komedo sekaligus melembutkan kulit Anda.
3.      Pengelupasan merupakan langkah penting untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Ini membantu menyingkirkan kulit mati yang menimbun di pori-pori kulit penyebab komedo dan jerawat.
4.      Bagi pemilik kulit berminyak, cobalah gunakan masker yang berbahan tanah liat guna mengurangi minyak di kulit. Pilih masker yang tidak mengandung mint, peppermint atau bahan penyebab iritasi lain. Lebih baik gunakan bahan yang tak mengandung tambahan aroma.

Cuka Apel
Cuka apel diketahui mengandung asam malat dan laktat yang bisa mengobati jerawat. Cuka ini juga berfungsi untuk mengurangi pengelupasan kulit dan mengurangi tanda merah pada kulit. Gunakan cuka apel sebagai toner. Campur cuka dan air dengan Perbandingan 1:1. Kemudian gunakan cuka ini untuk membersihkan kulit.

Putih Telur
Kita semua tahu bahwa putih telur mengandung protein yang baik untuk pinggang Anda. Namun, putih telur juga memiliki manfaat lain untuk kulit. Putih telur diketahui mengandung vitamin B dan seng sehingga bisa membantu regenerasi kulit dengan baik. Untuk menggunakannya, oleskan putih telur sebagai masker wajah. Diamkan selama 15-20 menit lalu bilas.

Kuning Telur
Pisahkan putih telur dengan kuning telur. Taruh kuning telur ke piring, lalu kocok hingga halus. Setelah itu oleskan kuning telur tersebut ke wajah secara merata, biarkan mengering selama 15 menit. Gunakan kain yang usudah dibasahi air hangat untuk membersihkan masker di wajah kemudian bilas wajah dengan air hangat.

Kentang
Irisan kentang juga mengandung pati yang bisa mengatasi masalah jerawat. Selain itu, kentang juga mengandung potasium, belerang, fosfor, dan klorida yang diketahui bisa menyembuhkan jerawat. Selain menyembuhkan, kentang juga berfungsi untuk meringankan luka bekas jerawat. Kentang yang sudah dikupas dan diparut atau diiris ini bisa ditempelkan ke wajah. Diamkan selama 30 menit lalu bilas.


Buah Kenari dan Yogurt

Tumbuk buah kenari sampai menjadi bubuk halus buatlah sebanyak 2 sendok teh, kemudian campurkan dengan yoghurt polos. Pijat wajah dengan campuran tersebut dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat.







Masker campuran

Campurkan 1 sendok makan krim asam, 1 sendok makan yoghurt, 1 sendok makan oatmeal, dan beberapa tetes jus lemon. Selanjutnya balurkan campuran ini ke area bekas jerawat. Biarkan selama 10 menit, kemudian cucilah hingga bersih.

Es
Kompreslah area bekas jerawat dengan es. Cara ini berfungsi meredakan kulit yang mengalami iritasi serta mengecilkan pori-pori



3 komentar:

  1. sangat membantu nih tipsnya, bisa dicoba,
    aku juga punya nih tips menghilangkan jerawat secara alami, silahkan cek di : http://www.mitrakosmetik.com/cara-ampuh-atasi-jerawat-membandel-dengan-tomat.html

    BalasHapus
  2. saya pernah tuh pakai putih telur sebagai cara menghilangkan jerawat :D memang hilang beberapa hari kemudian jika rutin digunakan, tapi ribetnya dan amisnya >:(

    BalasHapus
  3. Kalau saya sih beranggapan madu lebih baik dari pada telur, tapi kalau memang jerawatnya lebih pakai obat jerawat saja

    BalasHapus